Program pendampingan dan konsultasi yang diperuntukkan bagi sekolah dan perguruan tinggi, serta institusi pendidikan lainnya. Program dilaksanakan baik on site di lingkungan institusi pendidikan, maupun di kantor Spring Up Consultant.

1. Pengembangan nilai dan budaya sekolah untuk membangun karakter siswa
Nilai hidup dan budaya merupakan unsur utama bagi proses pengembangan karakter peserta didik. Spring Up menyediakan layanan pengembangan desain nilai dan budaya sekolah, seperti proses seremonial sekolah, aktivitas ekstrakurikuler, serta sistem interaksi guru dan peserta didik dalam rangka pengembangan karakter.

2. Pengembangan Kurikulum
Tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, meliputi kurikulum formal dan tertulis, aktivitas co-kurikuler, serta hidden curriculum, merupakan hal yang ingin diwujudkan oleh setiap institusi pendidikan. Program ini diharapkan dapat membantu institusi pendidikan, seperti sekolah atau perguruan tinggi dalam pencapaian outcome pembelajarannya.

3. Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kualitas pendidikan diukur dari desain pembelajaran dan implementasi di kelas yang meliputi proses pengembangan metode belajar, desain fasilitas dan ruang belajar, serta desain lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dan outcome belajar. Program pengembangan kendali mutu pembelajaran merupakan suatu kebutuhan bagi institusi pendidikan untuk menjamin akuntabilitas proses belajar mengajar kepada publik. Program yang ditawarkan adalah mengembangkan desain Quality Assurance Pendidikan yang meliputi pengembangan sistem audit dan monitoring pembelajaran. Program yang ditawarkan meliputi:
   a. Paradigma Belajar Student Centered Learning (Pembelajaran yang berpusat dan fokus pada siswa didik)
   b. Pengembangan Laboratorium
   c. Desain ruang belajar yang ergonomis dan mendukung proses pembelajaran dengan optimal

4. Pengembangan Soft Skill melalui Pendidikan
Soft skills merupakan sebuah karakter yang mendukung sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saingnya. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah aktivitas belajar, intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang mengarah pada ketercapaian peningkatan soft skills tersebut. Pada sisi pembelajaran soft skills, perlu didukung oleh kemahiran guru atau dosen dalam mengembangkan model penilaian belajar yang disebut sebagai kriteria.

5. Pengembangan Evaluasi Pendidikan dan Kurikulum
Suatu pelaksanaan pendidikan perlu didukung oleh evaluasi proses dan hasil belajar sehingga dapat digunakan sebagai bahan peningkatan proses pembelajaran pada masa yang akan datang (continous development). Program evaluasi yang ditawarkan meliputi:
   a. Pengembangan evaluasi hasil belajar (rubrik penilaian belajar dan tes prestasi belajar)
   b. Pengembangan evaluasi proses pembelajaran (skala mengajar dan kuesioner)
   c. Pengembangan evaluasi kurikulum pembelajaran (tracer study dan labor market signal), yaitu pengembangan studi pelacakan jejak alumni dan analisis signal pasar.

Edu Programs

Kontak Kami

 Jl. Soropadan No. 87-C Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman 55283

E-mail:
contact@springupconsultant.com

Marketing:
Yusuf
0822-2000-9373